Selasa, 22 Desember 2020

Mengenal Pola Gejala Covid 19 dari SehatQ.com

Posted by Mba Hana on Selasa, 22 Desember 2020

Sampai saat ini, sejumlah dokter memang masih meneliti secara terperinci tentang bagaimana infeksi covid 19 bisa menyebar. Hal mengejutkan terjadi beberapa waktu lalu, peneliti menemukan jika gejala virus mematikan ini memang memiliki pola penyebaran. 

 


Ada sekitar 50.000 pasien yang masuk di dalam daftar penelitian setelah terbukti positif terjangkit virus Corona di Tiongkok. Ternyata ada pula gejala yang berurutan dalam penyebarannya. Urutan gejala yang timbul jika seseorang terjangkit virus ini adalah demam, nyeri otot dan batuk, mual muntah, dan diare.
Perbandingan dilakukan dengan melakukan penelitian tambahan terhadap 2470 pasien yang terkena influenza di kawasan Amerika Utara. Ternyata ada susunan bola berbeda jika dibandingkan gejala awal virus Corona yang diidap seseorang dibandingkan hanya terindikasi positif influenza. 


Gejala Covid 19 yang Harus Diketahui
Direktori penyakit juga memberikan wewenang jika orang luar memang harus memahami bagaimana pola penyakit corona menyerang seseorang. Sehingga 2 penyakit yang hampir mirip ini bisa diketahui sejak awal menurut kriteria pola gejalanya. Jika seseorang terindikasi terkena penyakit influenza, mereka juga merasakan batuk, demam dan nyeri otot. Namun penyakit corona hanya bisa dibuktikan positif diderita seseorang jika mereka sudah melalui proses pemeriksaan swab. Dengan melakukan swab, maka gejala Corona ataupun influenza bisa lebih mudah dibedakan. 


Pada penderita Corona, seseorang akan mengalami gangguan pencernaan seperti muntah dan mual. Sesudahnya mereka juga akan mengalami diare dalam kurun waktu tertentu. Kali ini juga sangat berbeda jika seseorang terpapar virus SARS maupun MERS. Karena gejala awal yang diderita seorang pasien terbalik dalam segi gejala awalnya. 


Covid 19 merupakan salah satu penyakit yang memiliki spektrum luas. Karena gejala yang diderita oleh seseorang memang tidak bisa dibuktikan secara spesifik dan sangat berbeda juga dengan gejala penyakit lain. Tetapi dari beberapa kasus yang sudah diderita oleh seseorang, gambaran kondisi seseorang terindikasi terkena virus Corona antara lain:
•    Sakit kepala
•    Ruam atau bercak-bercak merah pada kulit
•    Hilangnya kemampuan indera merasakan serta mencium aroma
•    Jempol kaki agak kebiruan
•    Batuk darah
•    Kejang
•    Kerusakan Jantung
•    Ganguan Ginjal dan hati
•    Menggigil
•    Gumpalan pada pembuluh darah
•    Mata meradang dan merah
•    Batuk darah 


Tetapi ada gejala lain yang juga muncul dan juga sangat darurat jika terdapat dialami keluarga anda, diantaranya : nyeri dada, sesak nafas, linglung secara mendadak, wajah dan bibir nampak. Karena penderita yang juga terindikasi terkena virus Corona biasanya juga membuat mereka stroke secara mendadak. Jika ada gejala muncul dengan tanda-tanda stroke semisal anggota gerak mendadak sulit digerakkan maka hal ini juga harus dikonsultasikan ke dokter ataupun Faskes terdekat. 


Jika merasakan sejumlah gejala yang ada di atas tentu saja seseorang juga harus segera mengambil tindakan atau langsung mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat. Dokter tentu saja akan segera mengambil tindakan dengan melakukan rapid test ataupun swab PCR jika kondisinya memang sangat mengkhawatirkan. Setelah hasil keluar langkah-langkah yang harus dilakukan seseorang antara lain:
•    Jika hasilnya negatif tentu saja seseorang harus melakukan rapid test ulang. Langkah ini diambil untuk memastikan jika daya tahan tubuh seseorang memiliki antibodi yang cukup di dalam melawan indikasi adanya virus Corona. Karena antibodi seorang penderita memang bisa dideteksi sekitar kurun waktu 10 hari ke depan. 


•    Jika hasilnya positif, petugas kesehatan tentu saja akan menganjurkan seseorang untuk melakukan swab PCR berikutnya. Ada opsi untuk melakukan isolasi mandiri dengan mengacu protokol kesehatan di rumah saja. Tetapi jika kondisinya terus memburuk tentu saja penderita harus dirujuk langsung untuk melakukan perawatan di Klinik Terdekat ataupun rumah sakit. 


Dengan memahami pola penularan serta gejala yang digambarkan direktori penyakit diatas, Anda akan semakin memahami tentang penyakit ini. Sehingga resiko Anda tertular ataupun membahayakan orang sekitar bisa dapat dicegah secara cepat. Semoga bermanfaat!

Newest
You are reading the newest post