Senin, 16 Maret 2020

Yuk Simak Tips Memilih Sepatu Sekolah Anak Perempuan

Posted by Mba Hana on Senin, 16 Maret 2020

Saat musim ajaran baru tiba orang tua harus mempersiapkan, mulai dari seragam sekolah, buku baru, hingga sepatu. Anak akan lebih banyak menghabiskan waktu di sekolah, maka pemilihan sepatu untuk kenyamanan termasuk hal yang penting. Terutama untuk anak perempuan terkadang perlu memerhatikan model, agar terlihat sedikit fashionable. Mau tau cara memilih sepatu sekolah anak perempuan ? Simak ulasannya berikut.

Sepatu untuk Menunjang Kegiatan Anak di Sekolah
1. Pilihlah Ukuran Sepatu yang Pas
Perlu anda ketahui bahwa kaki anak usia balita, akan tumbuh lebih cepat. Mereka sedang dalam masa pertumbuhan, jadi tanpa sadar tinggi anak semakin meningkat. Jika ingin membelikan sepatu, sebaiknya ajak juga anak anda. Terkadang orang tua beranggapan melebihkan ukuran sebenarnya, tujuannya agar sepatu tahan lama. Padahal hal tersebut bisa menyebabkan iritasi kulit pada anak.

Maka dari itu mengukur kedua kaki anak sangat diperlukan, untuk memprioritaskan kenyamanan juga. Masih banyak yang belum menyadari bahwa ukuran kaki kanan dan kiri seseorang berbeda. Hal ini wajar terjadi tergantung tingkat dominan kegiatan yang dilakukan. Jadi anda harus memerhatikan hal ini, terutama untuk memilih sepatu sekolah anak perempuan.

2. Pilihlah Bahan Sepatu yang Ringan
Usia anak-anak adalah masa yang sedang aktif-aktifnya, mereka lebih banyak bergerak kesana-kemari. Maka pastikan bahan sepatu yang digunakan ringan, agar tidak membatasi ruang gerak si anak. Kenyamanan adalah hal utama yang harus dipertimbangkan, dalam memilih sepatu untuk anak. Kalau bisa pilih sepatu yang modelnya mirip sepatu lari, karena bentuknya menyerupai bentuk kaki. Sehingga sepatu nyaman untuk digunakan seharian penuh.

3. Pilihlah Sepatu yang Berkualitas
Usahakan selalu pilih sepatu yang berkualitas tinggi untuk putri kecil anda. Tidak harus yang harganya mahal, cukup beli yang menyesuaikan kantong anda. Jangan sampai karena harga  sepatu murah, anda asal membeli tanpa memerhatikan kualitas. Karena anak aktif bergerak sepatu sekolah anak perempuan harus yang nyaman dipakai. Jika kualitas bahan sepatu kurang bagus, bisa membuat kulit kaki kemerahan dan melepuh.

4. Sesuaikan dengan Ketentuan Sekolah
Setiap sekolah pasti memiliki peraturan terkait tata cara berpakaian, apalagi di sekolah negeri. Biasanya diberi kebebasan dalam memilih merek, asalkan memenuhi beberapa ketentuan. Peraturan tersebut meliputi wajib berwarna hitam, maksimal ada 3 warna dalam sepatu dan bertali. Tapi umumnya ada keringanan khusus untuk sepatu olahraga. Aturan tersebut diterapkan untuk menjaga kerapihan murid.

5. Sesuaikan Model dengan Usia Anak
Hindari memilih model sepatu layak seorang perempuan dewasa. Jangan karena ingin anak terlihat stylish, anda memilihkan sepatu yang tidak sesuai usianya. Sepatu sekolah anak perempuan sebaiknya yang bersol rata, ini demi keamanan anak sendiri. Model yang kurang sesuai malah membuat anak tidak percaya diri. Karena sepatu yang dimilikinya tidak bermodel sama dengan teman-temannya.

6. Beli Sepatu yang Mudah Dirawat
Perawatan sepatu sangat penting untuk diterapkan, sebab masih dibutuhkan untuk jangka panjang. Biasanya anak-anak kurang peduli dengan perawatan sepatu mereka, jadi usahakan pilih sepatu yang mudah dirawat.  Atau anda mulai mengajarinya tentang bagaimana cara merawat sepatu, biar mereka juga paham alasan harus berhati-hati saat menggunakannya.

Saat memilih sepatu sekolah untuk anak, ushakan memenuhi standar peraturan sekolah. Bukan mengutamakan pada model sepatu yang sedang populer, walaupun sesekali boleh diterapkan. Hal ini juga untuk melatih anak hidup sederhana, maksudnya menseragamkan tingkatan sosial. Agar tidak merasa lebih tinggi dibandingkan teman-teman lainnya, sedikit banyak melatih anak berbaur dengan sesamanya.

Previous
« Prev Post