Jumat, 14 Desember 2018

Bagaimana Cara agar Belanja di Toko Online Aman dan Nyaman?

Posted by Mba Hana on Jumat, 14 Desember 2018

Bukan rahasia lagi kalau sekarang belanja online merupakan gaya hidup. Ada banyak orang yang rela menggelontorkan sejumlah uang untuk memenuhi kebutuhannya. Apalagi, semua jadi semakin mudah dengan banyaknya Toko Online yang tersedia. Misalnya saja Blibli yang terpercaya. Tapi, bagaimana sih caranya agar belanja online bisa nyaman dan aman?


1. Akses Pakai Peramban Resmi
Jika Anda membelanja online menggunakan komputer, gunakanlah peramban atau browser resmi. Hal ini untuk menjaga keamanan Anda agar tak mudah bocor dan data yang ada tak disalahgunakan. Ada banyak peramban resmi yang bisa Anda gunakan. Sebagian besarnya bisa Anda akses secara gratis.

Misalnya saja, Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, hingga Internet Edge yang bisa Anda gunakan untuk mengakses situs toko daring. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa peramban yang digunakan sesuai dengan sistem operasi yang dimiliki perangkat Anda.

2. Instal Anti Virus atau Anti Malware Resmi
Hal lain yang harus Anda lakukan adalah menginstal anti virus. Meski menggunakan peramban resmi, kadangkala hal itu tak cukup untuk melindungi diri Anda. Untuk menekan masalah dan gangguan, Anda bisa menginstal antivirus atau anti malware resmi. Jangan lupa juga untuk meng-update-nya secara berkala agar komputer Anda tak terkena virus.

3. Unduh Aplikasinya
Kebanyakan toko online sekarang sudah memiliki aplikasi tersendiri. Misalnya saja Blibli. Anda tak perlu bawa laptop atau komputer ke mana-mana untuk melihat barang yang ingin dibeli. Hal ini jelas menjadikan semuanya lebih praktis, kan? Nah, Anda bisa mengunduhnya di App Store dan jangan nekad mengunduhnya dari situs mencurigakan.

4. Pakai Perangkat Pribadi
Selalulah berbelanja menggunakan perangkat pribadi agar Anda aman. Kalau Anda suka berbelanja menggunakan laptop atau ponsel orang lain, ini bisa berakibat buruk pada Anda. Oleh sebab itu sangat tidak dianjurkan. Apa saja akibat buruk yang bisa Anda dapatt? Misalnya saja, data pribadi Anda bisa disalahgunakan orang tersebut.

Ketika Anda berbelanja menggunakan ponsel atau laptop orang lain, Anda tentunya harus memasukkan data pribadi agar pesanan bisa diproses, kan? Misalnya saja data berupa alamat, nomor rekening atau kartu kredit dan lainnya.. Data pribadi ini akan tersimpan otomatis di laptop atau ponsel yang Anda pinjam.

Oleh sebab itulah datanya rentan disalahgunakan. Kalaupun memang terpaksa menggunakan komputer atau ponsel orang lain, baiknya gunakan mode private atau incognito pada peramban yang digunakan. Hal ini bisa meminimalisir terjadinya penyalahgunaan data karena laman yang Anda buka adalah laman pribadi.

5. Pastikan Situs yang Diakses Benar
Ketika Anda memesan barang lewat toko daring dan menggunakan komputer, ada baiknya sebelum itu pastikan dulu situs yang Anda kunjungi benar. Maksudnya, situs tersebut benar situs dari toko daring yang dituju. Misalnya saja untuk Blibli. Situs ini memiliki ciri khas greenbar dengan awalan HTTPS.

Selain itu, Anda juga bisa menemukan tulisan PT Global Niaga (ID) pada greenbar Blibli tersebut dan dilanjutkan dengan domain https. Kalau ternyata situs Blibli yang Anda akses memiliki ciri ini, maka Anda bisa memulai belanja dengan nyaman.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan agar berbelanja di toko online jadi aman dan nyaman. Hal ini bisa Anda terapkan untuk penghindari penipuan dari berbagai toko daring yang tak bertanggung jawab. Di Blibli, Anda bisa berbelanja sepuasnya dan menemukan barang impian. Harganya pun cukup terjangkau. Itu belum ditambah dengan diskonnya, lo!

Previous
« Prev Post